Wikipedia

Hasil penelusuran

Rabu, 05 Maret 2014

Review Game Bioshock Infinite



Bioshock Infinite


    Seri Bioshock yang satu ini memang berbeda dari seri Bioshock sebelumnya. Bioshock Infinite adalah game terbaru yang dirilis oleh 2K Games pada tanggal 26 Maret 2013 dan dibuat oleh developer Irritional Games.
    Infinite ini berbeda, dari seri Bioshock sebelumnya yang bersetting dikota bawah laut yaitu Rapture. Yang semula Bioshock berenvironment gelap dan mencekam namun di Infinite suasananya berbeda, menjadi lebih cerah, damai dan menarik. Saat tiba di Columbia yaitu setting game ini dimainkan, tepatnya kota yang berada diatas awan yang engambang dengan balon udara dibawahnya, yang bisa didatangi dengan mengunjungi mercusuar. Mercusuar tersebut berada di tengah laut yang bisa mengirim kita dengan sebuah kursi kapsul keatas awan dikota Columbia. Saat pertama kali melihat, diri ini bertanya-tanya apakah ini surga? Saking indah, damai, dan ceria inilah sebagian kecil yang membuat game ini unik dan istimewa. Yang membuatnya menarik juga adalah plotnya yang misterius, suit ditebak jalan cerita yang akan terjadi, sehingga membuat kita terus memotivasi untuk bereksplorasi kedalamnya, ending dalam sekuel ini sungguh luar biasa, yang mebuat saya sendiri tercengang.
    Game ini seperti sebuah film atau novel yang luar biasa, yang membuatnya tidak asal-asalan.Di setiap lokasi tertentu pasti berbeda suasana dan mood kita, hal itu juga membuat kita tidak mudah bosan dalam bermain. Dalam petualangan di Columbia Anda bermain sebagai Booker DeWitt seorang detektif yang mengemban misi untuk membawa pulang gadis yang bernama Elizabeth, namun dikepung oleh pengikut yang dikatakan dalam game tesebut sebagai penyelamat, nabi atau Zachary. Dari situlah Booker bersama Elizabeth mencari kebenaran terhadap Zachary itu.

Graphic :
    Infinite menggunakan seri terbaru dari Unreal Engine 3 yang meningkatakan performa dalam hal rendering, audio, animasi, pergerakan, lalu kejadian secara fisika. Hasilnya pun mampu menngkatkan graphic yang lebih baik apalagi dengan setting yang lebih menarik, sehingga tidak mudah sakit mata dalam memainkan game ini, lalu sepanjang permainan juga akan terkagum-kagum akan pemandangan yang indah, langit cerah dan gedung atau lingkungan yang berestetika dan artistic yang begitu kental. Bayangan dan pencahayaanpun juga terasa realistis dan epic. Semuanya begitu halus dipandang.

Sound :
    Yang membuat Infinite ini menarik juga adalah sound yang menyatu dengan lingkungan disekitar yang membuat mood kita, berubah ubah sesuai tempat yang kita kunjungi. Atmosfirnya begitu terasa sampai-sampai setelah mematikan game pun tetap terasa. Memang sebuah game yang menarik dan sulit untuk dilupakan.

Gemplay :
    Game bertipe FPS atau First-persn shooter yang berbeda dari yang lain, pasalnya game fps kebanyakan mengusung tema militer sedangkan Infinite bercitra Fantasi. Dengan aim yang mudah sehingga mudah untuk menembak dan pergerakannya yang luwes. Disini terdapat senjata yang konvensional tidak seperti game FPS modern yang penuh dengan peralata canggih dan genre fps lain yang mempunyai senjata magis. Sistem senjata di Infnite mempunyai 5 kategori senjata yaitu  :pistol, shotgun, machine guns, rifles, pelontar granat, dan roket. Dalam menembak musuh terasa sangat mantab.
    Lalu ada juga kempuan magis yang disebut Vigor hampir sama seperti Plasmid di game sebelumnya. Ada 8 jenis vigor yaitu : Bucking Bronco, Undertow, Return to Sender, Charge, Undertow, Shock Jockey, Mrder of Crows, dan Devil’s Kiss. Kesemuanya itu dapat didapatkan disepanjang alur permainan game berbentuk botol minuman atau dari membunuh musuh. Contoh saja Murder of crows, bisa mensummon gagak-gagak unuuk menyerang musuh dan  Bucking Bronco membuat musuh melayag, selagi melayang dari tempat persembunyiannya, musuh bisa langsug kita tembak. Uniknya dari banyak vigor itu bisa digabungkan untuk membentuk combo vigor. Seperti Return to  Sender + Charge, Sender dapat membuat shield sementara Charge untuk menubruk kemusuh dan Undertow + Shock Jockey, menjatuhkan musuh dengan Undertow yang menyemprotkan air, selagi musuh basah, gunakan Shock Jockey untuk mensetrum musuh.
    Yang membuat game ini lebih kompleks terdapat juga gear yang memberikan opsi yang beragam dalam meningkatkan kemampuan kita seperti topi untuk meningkatkan kecepatan kita. Ada gear topi, baju, dan sepatu, yang bisa didapatkan juga sepanjang permainan.
    Setelah membawa Elizabeth, Elizabeth juga akan membantu sepanjang permainan  seperti  mengambilkan peluru, hal ini sangat membantu disaat kekurangan amunisi pada waktu bertempur atau kemampuan mistis yang disebut tear, tear bisa mesummon barang yang ada di dunia parallel lain melalui spot tertentu, contohnya adalah mensummon tembakan otomatis, benteng untuk berlindung atau kail unuk melompat. Di  Columbia juga ada rail way yang meggelantug yang nantinya bisa kita gunakan untuk alat transportasi atau melawan musuh, dalam hal ini memungkiknan kita menempuh banyak caa untuk menang dalam petempuran. Dan disini cutscene terbilang sedikit untuk meningkatkan kendali character atas pemain.

Replaybilitas :
Tampaknya akan ada peningkatan dalam replay value, karena game ini diusung dengan grafis yang bagus sehingga pemain mungkin tidak cepat mudah bosan memainkan kembali, ataukah dengan menaikkan difficult game ketingkat Hard ataupun menambah DLC terbaru seperti Burial at Sea.

Pros :
-Game yangn membuat pemain tidak bosan untuk memainkanya.
-Suasana baru yang lebih damai, cerah, dan indah.
-Plot dan ending yang sungguh luar biasa.
-Grafik detil, pergerakan halus, bebas.
-Ditemani gadis manis Elizabeth saat berpetualang menambah keasyikan sendiri saat bermain.
- Sound yang menyatu, dan amosfir yang berubah-ubah saat berbeda lokasi.

Cons :
-
Kesimpulan :
Game ini wajib dimainkan karena mempunyai plot yang bagus tidak umum, grafik epic, fitur melimpah menambah kekompleksan dalam bermain, dan game yang hebat dalam berbagai aspek.

Score :
Story – 9.5/10
Gaprhic -9.5/10
Sound – 9.0/10
Gameplay – 9.5/10
Replaybility – 7.5/10

Final Verdict : 9.0/10
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar