Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumat, 30 Agustus 2013

The History of Virus



                                                         The History of Virus or Malware



 

Mungkin kita pernah bertanya-tanya pada diri kita sendiri, virus itu diciptakan, oleh siapa dan berasal dari mana. Oleh karena itu saya akan meneyampaikan sebuah deskripsi sederhana asal-muasal dan sejarah virus itu bagaimana secara singkat.
Sebetulnya virus komputer tidak diciptakan pada negara maju dan penemu komputer seperti negara barat tetapi dari Pakistan, virus itu bernama Brain yang sudah diakui secara resmi pada tahun 1986, namun sebelum ada virus tersebut pada tahun 1949 Jon von Neuman yang memperkirakan ada program yang mereplikasi diri.Di era awal kemuncuklan virus, hanya virus Soned, Cascadedan jerusalem yang mendominasi ketika itu.Ketika itu, virus yang populer di Indonesia adalah Denzuko yang diciptakan oleh Mahasiswa asal Bandung yang menariknya dapat menghancurkan vorus Brain, yaitu Virus pertama yang dapat menghancurkan virus lain.


1988-1990:
Games Begin
Pada tahun 1989 saat-saat dimana, ketegangan mereda, karena diciptakan antivirus oleh industri komputer besar IBM. Pada tahun 1989 muncul virus baru seperti Fu manchu yang tersebar di Inggris dan juga Datacrime yang mampu untuk manghapus seluruh data Hardisk drive di komputer. Akibat terciptanya program antivirus, terciptalah konsep virus Polymorphic pada tahun 1990 yang diprakarsai oleh Mark Washburn , yang tidak mudah terdeteksi oleh antivirus Antivirus pada saat itu memerlukan waktu lebih dari 2 tahun untuk mendeteksi cara kerja virus polymorphic.
Ada juga virus baru yaitudark avenger yang dapatsource code-nya keadalam bulettin, sehingga banyakpengguna PC yang mengetahui cara kerja dan Tekhnik membuat virus, sehingga keberadaan virus meningkat tajam. Mengikuti perkembangan itu didirikan EICAR, untuk menanggulangi hal tersebut jumlah virus pada saat itu sekitar 150.


1991-1994:
Antivirus VS Polymorphic virus
Pafda taun 1991 banyak perusahaan antivirus bermunculan seperti SymantecCentral pointdan perusahaan lainnya, karena adanya tujuan untuk memberikan rasa aman kepada pengguna PC.Pada tahun 1991 muncul virus Tequila. Yang diindikasi virus polymorpihic yang beredar di banyak Negara.Pada saat itu antivirus mampu mengetahui cara kerja virus tersebut dalam waktu lama, namun sekarang antivirus membutuhkan waktu kurang dari 1jam untuk mendeteksi new virus dan menginformasikannya.
Ada juga virus polymorphic lain yaitu Starship, dengan kemampuan antidebugging dan dapat mengelabui check. Awal tahun 1993, belanda yang asal muasal aplikasi Tunderbyte Antivirus, munculnya pembuat aplikasi virus yang bernama trident, yang sukses menyebarka virus Girafe. Danjuga kelompok NowhereMan, kelompok ini sukses menyebarkan program NED.
  Microsoft juga tidak ketinggalan membuat antivirus yang diberi nama Microsoft Antivirus. Virus terus berkembang dan dapat menyebarkan diri lewat DVD, ataupun CD, jika sudah terkena tidak bias lagi untuk mengclear virus tersebut, kecuali membuangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar